5 Trik Shopping Inovatif Agar Pengeluaran Tidak Membengkak

Shopping merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Apalagi bagi wanita, shopping ini seperti kecendrungan yang tak bisa dilepaskan. Bagi kamu yang sudah merencanakan sesuatu seperti menikah, memiliki rumah, menyekolahkan anak, dan lainnya, tentu shopping ini bisa menjadi salah satu penggagal rencana kamu tersebut. Ada saatnya dimana kamu benar-benar mesti menahan diri dari hasrat belanja. Jika tidak, maka kamu akan dihadapkan pada kondisi dimana kamu tak beranjak kemana-kemana, karena kamu tidak memiliki tabungan sama sekali. Bagi kamu yang pengen irit, berikut ini kami akan membahas 5 trik shopping inovatif agar pengeluaran tidak membengkak. Selamat membaca ya.

  1. Jangan Pernah Belanja Tanpa Bawa Daftar Belanjaan

Jika kamu terbiasa membeli sesuatu secara random, maka ubahlah segera kebiasaanmu tersebut. Tak peduli apakah kamu cuma belanja di toko swalayan atau pasar tradisional, pokoknya kamu mesti bawa daftar belanjaan. Jadi ketika di rumah, kamu jangan malas-malas mencatat berbagai keperluan dalam selembar kertas atau notepad di smartphone. Ketika kamu shopping, maka kamu ‘pun paham, mana saja item yang mesti dibeli. Apalagi jika kamu shopping di mall, maka wajib hukumnya bawa daftar belanjaan. Dengan membawa daftar belanjaan, kamu bebas mengeksplorasi pembelian asalkan budget-nya sama dengan yang ada di daftar belanjaan.

  1. Jangan Pakai Trolley

Saat belanja di supermarket, hindari menggunakan trolley.  Meskipun tidak ada hubungannya antara trolley dengan biaya belanja, namun trolley ini bisa memunculkan hasrat shopping yang lebih tinggi lagi. Percaya tidak percaya, dengan membawa trolley ini seseorang bisa mengambil apapun tanpa berpikir panjang lagi. Apapun dimasukan, bahkan item yang tidak penting sekalipun. Mungkin karena area didalam trolley yang luas, seseorang menjadi khilaf dan akhirnya mengambil banyak sekali barang. Jadi ketika di supermarket, usahakan jangan menggunakan trolley ya. Gunakan saja keranjang tangan, sehingga kamu ‘pun bisa shopping tanpa perlu khawatir akan khilaf seperti saat menggunakan trolley.

  1. Jangan Belanja Sama Teman

Sama seperti trolley, meskipun tak ada hubungannya dengan biaya belanja, namun membawa teman dapat meningkatkan hasrat shopping hingga berkali-kali lipat. Bersama teman, kamu seperti didorong untuk mengambil barang sebanyak-banyaknya. Apalagi jika temanmu itu seorang sosialita yang sangat suka shopping, hmm, bisa-bisa uang bulananmu habis dalam sekejap. Bersama teman (apalagi jika jumlahnya banyak) ada semacam ego yang muncul, sehingga belanja dalam jumlah sedikit itu rasanya seperti orang yang paling culun sedunia. Jadi sebisa mungkin kamu shopping sendirian biar ego tidak muncul saat kamu shopping. Jangan lupa bawa daftar belanjaan, biar budget bulananmu tetap aman.

  1. Berburu Diskon Via Online

Kamu suka pergi ke mall untuk berburu diskon? Ngapain? Udah enggak zaman lagi berburu diskon di mall. Segera alihkan perburuan ke dunia online karena banyak sekali marketplace yang menawarkan diskon dengan presentase yang sangat fantastis.  Salah satunya yaitu Blibli, dimana marketplace satu ini tidak pernah absen menawarkan diskon kepada setiap online buyer.  Tak hanya itu, pada momen-momen tertentu, diskon Blibli ini presentasenya bisa gila-gilaan, bisa mencapai 80%. Jadi apapun keperluanmu, kamu bisa memanfaatkan diskon Blibli 2017 sehingga kamu ‘pun bisa menghemat budget hingga berkali-kali lipat.

  1. Manfaatkan Member Card

Saat shopping, biasanya kasir sering menawarkan berbagai penawaran seperti isi pulsa, penggunaan kartu kredit, promo beli 3 gratis 1, dan lainnya. Kamu boleh menolak beberapa penawaran yang ditawarkan kasir tersebut, namun jangan kamu tolak tawaran member card! Iya betul sekali, dengan memiliki member card, kamu bisa menghemat uang belanja hingga berkali-kali lipat.  Harga member card ini biasanya juga sesuai dengan nominal uang, jadi kamu ‘pun tak rugi sama sekali.

Shopping memang menyenangkan, namun lebih menyenangkan lagi apabila kamu shopping dengan menerapkan beberapa trik inovatif diatas.  Pesan moral yang bisa kamu ambil dari artikel ini yaitu usahakan selalu berpikir rasional dan kreatif untuk hal apapun, termasuk shopping. Kamu tak perlu mengurangi porsi shopping, namun pastikan kamu lebih smart saat shopping.