CARA MENGGUNAKAN LISTRIK DENGAN AMAN

Pada zaman modern seperti sekarang alat-alat kebutuhan sehari-hari sudah banyak yang menggunakan energi listrik. Dengan adanya listrik tentu sangat membantu kita dalam mejalankan aktivitas sehari-hari. Coba anda bayangkan bagaimana jika tidak adanya listrik, tentu kita akan merasa lebih sulit untuk mejalankan aktivitas sehari-hari, seperti zaman dahulu semua serba dikerjakan sendiri secara mandiri.

Penggunan listrik sendiri bukan-lah hal yang mudah, karena di dalam listrik terdapat kandungan elektro yang dapat menimbulkan percikan api. Jika kita tidak berhati-hati dalam menggunakan alat manapun yang berhubungan dengan listrik bisa menyebabkan konsleting listrik atau buruknya sampai dengan kebakaran. Oleh karena itu, mari kita simak cara menggunakan listrik yang aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

  • Ikuti buku petunjuk penggunaan.

Pelajari serta pahamilah cara pemakaian peralatan serta perlengkapan listrik pada buku panduannya supaya terhindar dari hal yang tak diinginkan.

  • Perhatikan daya listrik.

Dalam pemakaian peralatan listrik mesti memperhatikan daya yang tetap atau sesuai terhadap daya listrik rumah kita, sebab pemakaian listrik yang melampaui kapasitas akan berpotensi mengakibatkan kebakaran. Untuk mengetahui daya yang dipakai pada setup peralatan, bisa dilihat di bodi alat ataupun di kardus tempat penyimpanan alat tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan Alat listrik hemat energi dengan mudah loh, cara silahkan kunjungi PT Sewatama

  • Hati-hati saat menyalakan atau mematikan peralatan listrik.

Perhatikan kondisi stopkontak saat akan mencabut atau mematikan peralatan listrik dan jangan mendahului mematikan peralatan listrik dari stopkontak langsung sebelum alat listrik itu dimatikan sebelumnya. Hal ini untuk mencegah munculnya bunga api yang mungkin berpotensi dapat menyebabkan kebakaran.

  • Beri sedikit ruang di sekitar alat listrik.

Setiap alat listrik yang kita gunakan bisa menimbulkan energi panas di sekitarnya, maka dari itu janganlah meletakkan alat listrik di area yang tertutup, sebab komponen yang ada di dalamnya mengeluarkan energi panas yang bisa mengakibatkan alat listrik terbakar malahan tidak bisa dipergunakan lagi.

  • Jangan menyentuh peralatan listrik apabila tangan basah.

Apabila tangan basah, jangan sesekali mencoba untuk menyentuh ataupun memegang alat listrik yang tengah menyala sebab tangan dalam keadaan basah mengandung air, dan air merupakan penghantar listrik yang bisa menghantarkan arus listrik.

  • Jangan meletakkan alat listrik dekat bahan kimia.

Jangan sesekali meletakkan bahan kimia berada dekat alat listrik sebab bahan kimia bisa menimbulkan terjadinya kebakaran. Bahan kimia tersebut semisal obat nyamuk atau cairan pembasmi nyamuk serta minyak tanah.

  • Matikan alat listrik apabila sedang mati lampu.

Apabila rumah sedang mengalami mati listrik, segera matikan alat listrik yang sebelumnya menyala, di khawatirkan listrik akan menyala kembali dan otomatis alat tersebut pun akan ikut menyala, hal tersebut bisa melukai pemakainya apabila menyala secara tiba-tiba.

Nah itu dia hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam menggunakan listrik. Tidak perlu khawatir jika kamu sering menggunakan listrik tapi takut akan tagihan listriknya, kamu bisa langsung mendapatkan Alat listrik hemat energi loh. Tidak hanya hemat energi masih banyak alat listrik yang menguntungkan untuk kamu gunakan dalam PT Sewatama