Manfaat Daun Jambu Biji yang Harus Anda Ketahui!

Indonesia memang kaya dengan berbagai jenis tumbuhan yang mempunyai banyak khasiat di bidang kesehatan. Salah satunya dalah jambu biji. Jenis buah jambu yang mempunyai banyak biji di bagian dalamnya dengan daging buah berwarna putih atau merah muda.

Bahkan, dalam penelitian ahli kesehatan, daun jambu biji mempunyai berbagai khasiat. Tidak hanya jambu biji yang dibuat jus, manfaat daun jambu biji untuk meningkatkan trombosit sudah diakui.

Ingin tahu lebih jelas tentang manfaat daun jambu biji? Simak uraian singkat di bawah ini!

  1. Daun Jambu Biji Mengatasi Diare

Daun jambu biji muda untuk mengatasi diare sudah tidak diragukan lagi. Beberapa helai daun direbus sampai mendidih dan diminum airnya.

Penelitian yang diterbitkan dalam  Journal of Smooth Muscle Research sudah membuktikannya. Mereka melakukan percobaan pada tikus dan berhasil. Daun jambu biji dapat menunda timbulnya diare dan mengurangi frekuensi buang air besar ketika diare terjadi.

  1. Daun Jambu Biji Menurunkan Berat Badan

Seperti halnya daun dan buah-buahan lain, daun jambu biji mengandung banyak serat yang memperlancar pencernaan. Akibatnya, ekstrak daun ini yang diperoleh dengan cara sama sepeti nomor satu dapat menurunkan berat badan.

  1. Daun Jambu Biji untuk Mengendalikan Gula Darah

Anda yang khawatir dengan diabetes dapat mengonsumsi ekstrak daun jambu biji. Daun ini menghambat ekstrak pati yang mengubah  karbohidrat menjadi gula.

  1. Daun Jambu Biji Mencegah Kanker Prostat

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Journal Cancer Prevention Research, daun jambu biji mengandung anti kanker yang menghambat produksi androgen. Dengan demikian, daun ini mencegah dan mengatasi kanker prostat.

  1.  Daun Jambu Biji untuk Mencegah Kanker Lambung

Tidak hanya kanker prostat, kandungan likopen, kuesetin, serat, dan vitamin C dalam jambu biji menurut penelitian yang dipublikasilkan di Journal Cancer Letters dapar memperlambat aktivitas kanker lambung.

  1. Daun Jambu Biji untuk Meningkatkan Trombosit

Hal ini mungkin yang paling sering dimanfaatkan masyarakat Indonesia. daun jambu biji untuk meningkatkan trombosit. Lingkungan Indonesia membuat masih banyaknya pasien demam berdarah di musim tertentu. Penyakit yang membuat jumlah trombosit dalam tubuh menurun dan mengakibatkan pendarahan jika tidak diatasi.

Dalam penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Asia Pacific Journal disebutkan bahwa daun jambu memiliki zat aktif yang merangsang trombopoletin. Trombopoletin ini mempu menghasilkan tromobosit dalam jumlah banyak dan cepat.

Wah banyak ya manfaat daun jambu biji? Namun, di daerah perkotaan pohon ini sudah sulit ditemukan.

Jangan khawatir, ekstrak daun jambu biji dalam bentuk kapsul dapat dengan mudah Anda ditemui di toko obat dan apotek. Lebih praktis lagi, banyak apotek online yang menyediakan.

Jadi, selamat mencoba ya! Buktikan sendiri khasiatnya!