Menengok Kembali Sejarah Yamaha yang Kini Berulang Tahun Ke-64

 

View this post on Instagram

 

Tidak terasa sudah 64 tahun Yamaha berinovasi untuk terus memberikan yang terbaik di bidang otomotif. Terima kasih Brosis yang selalu setia bersama Yamaha dan mendukung kami untuk #SemakinDiDepan! Sebagai bentuk apresiasi dari Yamaha untuk Brosis yang selalu setia memberikan dukungan, kami menyiapkan rangkaian hadiah spesial! 1. Hadiah utama yaitu 1 unit All New Vixion R 2. 15 helm MTX YF-N5 3. 100 jas hujan Yamaha 4. 500 t’shirt Yamaha Caranya gampang Brosis! Ucapkan selamat ulang tahun buat Yamaha di comment postingan ini sebanyak-banyaknya! Mention 5 orang teman kamu dan gunakan hashtags #Yamaha64thn dan #YamahaDay. Pastiin juga kamu follow akun sosial media Yamaha Indonesia. Periode ini berlangsung hingga 31 Juli 2019 dan pengumuman pemenang pada 9 Agustus 2019. Ditunggu ucapan Brosis yang paling seru! *Peserta dengan komentar paling menarik pilihan juri @yamahaindonesia yang akan jadi pemenang dan tidak bisa diganggu gugat. #Yamaha64thn #YamahaDay #YamahaIndonesia #SemakinDiDepan

A post shared by Yamaha Motor Indonesia (@yamahaindonesia) on

Yamaha merupakan salah satu pabrikan motor terbaik di dunia yang dari waktu ke waktu semakin banyak dicintai oleh konsumen. Sejak awal kemunculannya, Yamaha memang cukup menarik perhatian berbagai khalayak terutama pencinta motor. Berbagai jenis motor sudah diproduksi oleh Yamaha dan selalu mendapatkan respon yang luar biasa di pasaran. Di tahun 2019 ini, Yamaha akan merayakan ulang tahunnya yang ke-64. Sebagai bentuk apresiasi atas respon masyarakat yang selama ini sudah mempercayakan pilihannya pada Yamaha maka pada perayaan Ulang Tahun Yamaha ke-64 ini akan diberikan berbagai hadiah spesial.

Sebagai salah satu pabrikan motor terlaris di dunia, Yamaha Indonesia memberikan berbagai hadiah menarik selama tiga hari pada tanggal 12 Juli -14 Juli 2019. Hadiah tersebut yaitu tiket gratis masuk ke Taman Impian Jaya Ancol. Pastinya hadiah ini adalah kabar gembira bagi pengguna motor Yamaha yang ingin berwisata ke Ancol di akhir pekan. Caranya juga sangat mudah cukup dengan menunjukkan STNK di bagian loket tiket masuk Ancol. Maka anda tidak akan dimintai untuk membayar tiket masuk dengan motor Yamaha tersebut. Hadiah menarik ini merupakan upaya dari Yamaha supaya pengguna setia Yamaha bisa menikmati akhir pekan secara lebih seru di Ancol.

Sejarah Berdirinya Yamaha

Di balik ulang tahun Yamaha yang ke-64 ini, tentu ada sejarah berdirinya Yamaha yang tak kalah penting untuk diketahui. Bahkan pada mulanya perusahaan ini bukanlah pabrikan motor melainkan alat musik. Perusahaan motor asal Jepang ini telah berdiri sejak tahun 1955 namun sebetulnya usia perusahaan ini lebih lama dibandingkan tahun berdirinya tersebut. Sejarah Yamaha dimulai dari namanya yang dahulu bukan Yamaha Motor Company tetapi Yamaha Corporation. Sedangkan Yamaha Motor Company merupakan salah satu anak perusahaan.

Yamaha Corporation berdiri sejak tahun 1897 dan didirikan oleh Torakusu Yamaha. Produk yang pertama kali dibuat oleh perusahaan ini yaitu Harmonika. Pengambilan keputusan untuk memasuki industri otomotif dilatarbelakangi oleh modal perusahaan yang sudah besar dan ingin melebarkan sayap bisnis. Saat dipimpin oleh Genichi Kawakami, Yamaha mengalami pelebaran sayap yang cukup luas biasa pesat. Bahkan perusahaan ini sudah memiliki kinerja yang baik serta kebebasan keuangan sehingga pantas untuk melebarkan sayapnya.

Pada masa kemimpinannya di tahun 1950-1977, Genichi melakukan riset hingga akhirnya ia menemukan berbagai produk yang bisa dieksplorasi mulai dari mesin sewing, sepeda motor dan onderdil kendaraan. Faktor kompetitif dan pasar membuat Yamaha fokus pada industri otomotif dibandingkan bidang lainnya. Meskipun pada waktu itu sudah banyak pabrikan motor yang eksis seperti Honda yang berdiri pada tahun 1948 dan Suzuiki berdiri pada tahun 1952. Namun hal ini tidak membuat Yamaha mundur untuk menghadirkan inovasi di bidang otomotif yang mengikuti perkembangan zaman.

Hingga pada akhirnya, di tahun 1955 Yamaha telah berhasul memproduksi motor yang bernama YA-1. Dimana motor ini juga dikenal dengan nama Atakombo yang sudah dilengkapi mesin silinder tinggal, 2 tak serta disebut-sebut telah menyalin-tempel motor buatan Jerman yang bernama DKW 125cc. Sedangkan di Indonesia, YIMM sudah berdiri sejak tanggal 6 Juli 1974. Namun mereka sebetulnya sudah melakukan kegiatan operasi sejak tahun 1966. Pada waktu itu, Yamaha merupakan perusahaan perakitan motor yang komponennya diimpor dari Jepang. Dalam satu hari, dahulu Yamaha hanya mampu membuat 10 unit motor saja.

Itulah tadi penjelasan mengenai sejarah berdirinya Yamaha yang bisa menambah wawasan anda. Merayakan HUT Yamaha ke-64 di tahun 2019, pastinya anda jangan sampai kelewatan mengikuti berbagai kuis seru dengan hadiah fantastis mulai dari motor sport dan hadiah menarik lainnya. Untuk itulah silakan cek info lebih lengkapnya melalui link Ulang Tahun Yamaha.