Tiga Langkah Mudah Cek Busi Kendaraan untuk Liburan Aman dan Nyaman

Menjelang akhir tahun, liburan sekolah sebentar lagi akan tiba. Untuk mengisi waktu liburan, tidak sedikit orang yang ingin berwisata ke luar kota. Liburan memang diperlukan untuk melepaskan penat dan menghirup hawa segar setelah berbulan-bulan terjebak dalam rutinitas yang sama. Tidak jarang orang-orang yang merencanakan liburan ke luar kota bersama teman-teman atau keluarga. Hal ini karena momen liburan sekolah menjadi waktu yang istimewa karena dapat berkumpul bersama anak-anak dan keluarga lebih lama.

Berlibur ke luar kota dengan mengendarai kendaraan pribadi merupakan pilihan yang nyaman bagi sebagian besar orang. Hal ini karena kita dapat terhindar dari berisiknya para pengamen atau penjual asongan seperti dalam bus antarkota. Selain itu, kita juga tidak perlu tergantung dengan jadwal jam keberangkatan atau kepulangan tertentu seperti saat naik kereta api. Dengan kendaraan pribadi, kita dapat dengan bebas menentukan jadwal keberangkatan dan kepulangan sendiri, serta bebas menentukan kecepatan tempuh sesuka hati.

Apabila Anda termasuk orang yang menyukai bepergian ke luar kota dengan menggunakan kendaraan pribadi, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan secara matang. Hal utama yang harus diperhatikan adalah kondisi prima dari kendaraan yang akan Anda gunakan. Pengecekan kondisi kendaraan ini sangat penting demi keselamatan diri Anda, keluarga, atau teman. Salah satu upaya yang dapat dilakukan sebelum berpergian ke luar kota adalah menyerviskan kendaraan Anda. Selain itu, mengecek busi kendaraan sebagai salah satu komponen terpenting juga merupakan hal yang wajib dilakukan. Meskipun busi merupakan bagian kendaraan yang tidak nampak dari luar, alat ini berperan penting karena menciptakan proses perapian untuk membakar bahan bakar dalam mesin kendaraan.

Busi pada umumnya perlu diganti ketika kendaraan sudah mencapai 15.000—20.000 km. Sebaiknya, kita memilih busi yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Lalu, bagaimana tips yang harus dilakukan pengendara supaya bepergian ke luar kota dengan nyaman dan aman?

  1. Rawatlah Busi Sebelum Mati

Apakah kendaraan Anda sering mengalami kesulitan menyala ketika di-starter? Hal ini merupakan salah satu pertanda bahwa busi kendaraan sudah saatnya diganti. Nah, sebaiknya, supaya lebih nyaman berkendara, jangan menunggu sampai busi mati. Apabila Anda bepergian ke luar kota, lalu kendaraan susah dinyalakan atau mati di tengah perjalanan, tentu hal itu dapat merusak suasana liburan Anda, bukan?

  1. Perhatikan Bagian yang Rentan Mengalami Kerusakan

Bagian busi yang paling rentan mengalami kerusakan adalah elektroda. Elektroda dapat dengan mudah terkikis karena komponen ini merupakan tempat munculnya percikan api dalam ruang pembakaran. Apabila elektroda sudah menunjukkan gejala kerusakan, maka sebaiknya segera diganti.

  1. Hindari Amplas untuk Membersihkan Busi

Cara mengecek busi masih dalam kondisi baik atau tidak, kita dapat melihat bagian kepala busi. Kondisi busi dapat dikatakan masih prima apabila kepala busi masih berbentuk kotak tanpa bulatan. Hal ini karena belum adanya tumpukan karbon sehingga proses perapian masih dapat berjalan lancar. Apabila kita menjumpai karbon yang menumpuk di bagian ini, cukup disemprotkan cairan yang bersifat nonmetal, bukan cairan yang bersifat abrasif sehingga elektroda tidak cepat terkikis. Sebaiknya kita juga menghindari pemakaian amplas untuk membersihkan tumpukan karbon tersebut karena dapat menyebabkan pengikisan pada permukaan elektroda.

Demikian tiga cara mudah mengecek keamanan busi kendaraan Anda sebelum bepergian liburan ke luar kota. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *